Rentang Kisah

 

Rentang Kisah, Kisah Nyata Gita Savitri Devi

 



Judul Film            : Rentang Kisah

Sutradara            : Danial Rifky

Produser             : Frederica

Penulis Naskah   : Danial Rifky

Produksi              : Falcon Pictures

Pemain Film       : Beby Tsabina, Bio One, Cut Mini, Donny Damara, Junior Roberts, Ciara Brosnan, Rigen, Debo Andryos, Ali Segaf dan Aci Resti.

Durasi                 : 1 jam 38 Menit

 

Rentang kisah adalah sebuah film yang diadaptasi dari novel karya Gita Savitri Devi. Gita Savitri Devi adalah seorang penulis dan youtuber indonesia terkenal yang sekarang sedang tinggal di jerman. Youtube-nya berisi tentang banyak hal dari mulai kehidupannya di jerman, beropini tentang isu-isu terbaru dan keresahan-keresahan yang ia rasakan. Sedangkan sebagai penulis, ia sudah menulis dua buah buku yakni A Cup of Tea dan Rentang Kisah ini sendiri. Novel sekaligus film rentang kisah yang telah dirilis ini tak lain adalah pengalamannya sendiri saat berada di jerman.

Rentang kisah merupakan kisah nyata pahit manis kehidupan yang dialami gita savitri devi. Film ini diawali dengan kisah seorang Gita yang baru saja lulus SMA, namun masih bingung dengan jurusan apa yang akan ia pilih untuk jenjang studi selanjutnya yakni perkuliahan. Ia mengikuti berbagai jalur masuk perkuliahan dan berhasil diterima di Institut Teknologi Bandung (ITB). Namun Pada akhirnya ia memilih kuliah di jerman setelah membicarakannya lagi dengan orang tuanya yang selalu mendukung studinya.

Di jerman, banyak sekali permasalahan yang dialami gita, dari mulai kisah cinta LDR-nya yang berujung kandas, lalu perjuangan dia kuliah diluar negeri yang mau tidak mau harus belajar ekstra karena bahasa yang digunakan juga bahasa asing, Hingga masalah keuangan yang membuat ia harus bekerja part time untuk memenuhi kebutuhannya dan yang paling membuat haru adalah masalah tentang keluarganya. Dari masalah masalah yang ia alami, ada suatu fase berat yang membuat ia hampir saja sengaja menghilangkan nyawanya sendiri. 

 Disisi lain, kisah kisah romantisme juga hadir di film ini, yakni kisah gita yang menemukan pengganti kisah cintanya yang kandas. Ia menemukan seseorang yang ia butuhkan yakni Paul. Dan kisah Paul yang juga mencari ‘keyakinan’ dan akhirnya menemukan dan memeluk agama islam setelah bertemu dengan Gita. Keduanya serasi dan saling melengkapi.

Namun sayangnya pada film ini cerita tentang Paul dan Gita tidak begitu kompleks dan tidak dibahas lebih mendalam, padahal kisah ini yang biasanya membuat tertarik penggemar film romance dan film yang ditunggu-tunggu pasangan yang sedang menjalani cinta beda agama. Meskipun begitu film ini sangat cocok untuk semua kalangan karna didalamnya terdapat banyak pesan kehidupan yang dapat diambil. Satu pesan yang sangat berarti dari hemat penulis yakni semua orang pasti punya masalah dan rasa sedih, kita harus terbiasa melewatinya dengan cara yang paling bijak tentang hal itu.

 

-Kafein


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Magis Fajar Di Ufuk Timur

Milad CSSMoRA UIN Jakarta Ke-16