Memperbaiki Kesehatan Psikologis : Kesan Ilmu Inspiratif Dr. Faith Martin


Nia Listiani Aprilliani
nia.listiani16@mhs.uinjkt.ac.id

Kesan pertama pada tanggal 19 September 2018 begitu berharga pada setiap waktunya, dengan kesan sinergis mata perkuliahan psikologi konseling, yang diajarkan oleh Bapak Bambang Suryadi, Ph. D, dengan materi yang sangat krusial tentang perlunya bimbingan dan konseling. Bukan sekedar pembelajaran bahwa perlunya bimbingan dan konseling, namun kita juga belajar metakognisi yang dilakukan dengan berbagai perspektif psikologi. Pembelajaran ini bukan hanya sekedar untuk berpikir secara teori, namun memberi penjelasan bahwa Ilmu begitu mengalir, pada akal dan pikiran.

Pertemuan ketiga mata kuliah psikologi konseling ini berakhir dengan cepat, namun pertemuan mata kuliah ketiga ini, memberikan pembelajaran berharga bagi mahasiswa fakultas psikologi ruang 406, dengan pembahasan materi yang begitu sangat kompleks yaitu bimbingan dan konseling serta membahas penulisan essay yang benar. Ini merupakan sumber ilmu yang sangat berharga untuk dipelajari sebagai insan akademis pada dunia literasi. Pembahasan ini memberikan banyak efek positif dari berbagai sisi. Berakhirnya materi perkuliahan oleh Bapak Bambang, digantikan dengan stadium general yang dikhususkan untuk mahasiswa semester lima.

Stadium general yang dilaksanakan di Teater Prof. Dr. Hj. Zakiyah Daradjat Fakultas psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini memberikan tema yang sangat bagus dan menarik bagi dunia psikologi, yaitu Beyond Survival : Self-Management Of Long Term Conditions To Improve Psychological Health dimana berbagai pembahasan yang sangat krusial dalam penerapan pada manajemen diri kondisi jangka panjang untuk memperbaiki kesehatan psikologis, dengan seorang pembicara yang sangat luar biasa, Dr. Faith Martin, dengan latar clinical psychologist, applied researcher on well-being, faculty of health and life science conventry university. Memberikan ilmu yang berharga dan kesan inspiratif dengan pembahasan yang sangat kompleks dari berbagai sisi psikologis, merupakan hal yang sangat berharga bagi setiap insan akademis. khususnya mahasiswa psikologi UIN Jakarta untuk mempelajari diri dan kelangsungan hidup dengan kondisi kesehatan jangka panjang yang berdampak pada kesehatan mental. Budaya pun dapat berdampak pada kesehatan mental, khususnya dalam kaitannya dengan kondisi kesehatan jangka panjang, termasuk pertimbangan spiritualitas.

Banyak pembahasan yang sangat luar biasa yang tidak dapat dilupakan, unik dan cerdas bahwa pembahasan stadium general ini sulit, namun sangat krusial untuk diketahui, bagi sebagian mahasiswa yang belum memahami benar bahasa inggris dengan tepat adalah menjadi pr besar baginya. Pembahasan dengan bahasa inggris yang disampaikan oleh Dr. Faith Martin memiliki kharisma, kesan sinergis serta memberikan pengaruh efek positif dari berbagai pemaparan yang dijelaskan, merupakan sebuah ilmu yang dapat kita ambil untuk memperluas khazanah dan wawasan. Inspirasi untuk berpikir, dengan pemahaman beyond survival merupakan sebuah proses pembelajaran untuk melatih menjadi pendengar yang baik. Mendengarkan dan memahami dengan baik, bukan hanya untuk mendengarkan namun menghargai seorang pembicara juga memberi pengaruh efek positif untuk diri sendiri. Berbagai pembahasan pada topik yang disampaikan oleh Dr. Faith Martin mempunyai sebuah arti, memiliki makna tersirat yang dapat dijadikan pelajaran kehidupan, dimana suatu saat dipersiapkan nanti diri kita akan menjadi seorang pembicara handal yang banyak berkontribusi untuk Negara.

Dr. Faith Martin menjelaskan topik pembahasan beyond survival ini, merupakan hasil penelitian yang dipublikasikan, dengan berbagai hal menarik membahas isu budaya di Indonesia dan isu-isu Agama. Bagaimana budaya dapat berdampak pada kesehatan mental, khususnya yang berkaitan dengan kondisi kesehatan jangka panjang, termasuk pertimbangan spiritualitas di dalamnya. Kesejahteraan yang dipengaruhi oleh kondisi kesehatan jangka panjang, berdampak pada kesehatan mental. Menjadi sebuah topik yang sangat luar biasa bahwa ketika membahas agama dan spiritualitas, tak bisa dipungkiri bahwa agama dan spiritualitas sudah menjadi kebutuhan utama, saling berkaitan bahkan mungkin memiliki nilai-nilai tersendiri bagi manusia untuk menunjang jasmani serta rohani yang sehat. Hal ini diperkuat bahwasanya spiritualitas memiliki keterkaitan mengenai psikologi positif. Mind and body, positifkan pikiran dengan agama dan spiritualitas yang baik maka tubuh akan menjadi sehat.

Pembahasan ini menjadi sebuah ilmu yang mampu kita harus terapkan, dijelaskan memperbaiki kesehatan psikologis bahwa salah satu cara untuk memiliki jiwa yang positif, maka setiap insan harus selalu merasa bersyukur, dengan hal yang terjadi di dunia ini. Hal itu memang memiliki korelasi antara bersyukur dan jiwa yang sehat.

Dengan berbagai makna sisi positif psikologi, Dr. Faith Martin juga membahas tentang kebudayaan yang mempengaruhi kesehatan,  bahwa pengobatan terhadap virus HIV di Uganda terjadi karena banyak hal, dimana kurangnya dukungan sosial secara emosional, dengan efek yang besar pada pengaruh penyakit terhadap kemampuan kerja. Hal ini yang menguatkan pernyataan mengapa kesejahteraan negara tersebut tidak sepenuhnya. Terlebih kita mengetahui bahwa virus HIV merupakan penyakit yang sulit diobati yang membuat angka harapan hidup manusia menjadi rendah.

Pembahasan ini menjadi sebuah ilmu favorit pada stadium general beyond survival, yang menjadi menarik untuk didengarkan dan dipelajari dari ilmu pembahasan Dr. Faith Martin, diantaranya mengenai dampak psikologis dalam jangka panjang. Memperbaiki kesehatan psikologis, dengan mengurangi efek depresi yang menyebabkan kehilangan harapan. Dimana seseorang akan sulit untuk melihat dunia yang positif. Menjadi sebuah pembelajaran yang benar harus dipahami bagi calon sarjana psikologi dalam menuntaskan serta memperbaiki jiwa negatif bagi setiap insan yang kehilangan harapan.

Bagian pengaruh kondisi jangka panjang yang dijelaskan oleh Dr. Faith Martin, adalah biaya. 70%  biaya Negara di Inggris dihabiskan untuk kepedulian pada bidang sosial dan kesehatan. Ia menjelaskan berdasarkan data dari hasil penelitian, bahwa jika individu peduli kesehatannya dengan baik maka ia akan terbebas dari penyakit mematikan seperti serangan jantung dan kanker. Sedangkan jika disabilitas dan kurang memperhatikan kesehatan hidup serta kurangnya rasa berharganya diri secara psikologis maka dapat berakhir pada bunuh diri.

Pada batasannya, banyak insan memiliki daya kelangsungan hidup jangka panjang yang membutuhkan dukungan sosial untuk hidup lebih baik dan kebutuhan sebagimana mestinya. Hal tersebut merupakan kunci mensejahterahkan kehidupan jangka panjang. Dari berbagai penjelasan ini, Dr. Faith Martin juga memaparkan pembahasan krusial lainnya, kecemasan yang menjadi hal penting untuk dibahas, agar individu bisa mengatasi kecemasannya dan menikmati hari-harinya dengan normal.

Dari berbagai pemaparan yang disampaikan, tentu menjadi hal yang sangat berguna karena ilmu yang disampaikan begitu berharga, banyak pelajaran dan wawasan yang dapat dipetik dan perlu diterapkan. Dari sebuah kalimat yang begitu sinergis bahwa memperbaiki kesehatan psikologis, perlu dilihat dari berbagai kondisi dari fisik dan jiwa yang sehat. Konsep hidup jangka panjang dengan well-being, hapuskan penyakit mental di dalam diri dan konsepkan kembali dengan mind and body yang positif. Agar terciptanya kehidupan yang lebih baik dan kebahagiaan yang seimbang. Karena memperbaiki kesehatan psikologis terdapat pada fisik dan mental yang positif.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Magis Fajar Di Ufuk Timur

Milad CSSMoRA UIN Jakarta Ke-16