Review Buku Nonfiksi; Aksi Massa


Oleh: Ahmad Faiz Muzaki


Identitas Buku
1. Judul Buku : Aksi Massa
2. Penulis : Tan Malaka
3. Penerbit : Narasi
4. Cetakan : ke-5
5. Tebal Buku : 148 halaman
6. Tahun Terbit : 2019

Sinopsis Buku
"Menuju revolusi massa yang sesungguhnya". Sepenggal kalimat yang cukup menggambarkan maksud secara luas mengenai isi dari buku ini. Melalui buku aksi massa, Tan Malaka yang dikenal sebagai seorang revolusioner kiri Indonesia pada abad ke-20 menuangkan berbagai pemikirannya terkait pergerakan massa untuk mencapai cita-cita revolusi. Cita-cita tersebut tidak lepas dari adanya keinginan untuk mewujudkan kemerdekaan Republik Indonesia yang didamba-dambakan sejak dahulu. Tan Malaka percaya bahwa dengan cara mengerahkan massa untuk melakukan suatu aksi akan melahirkan gerakan revolusi untuk merebut kemerdekaan dari para kolonial saat itu. Dalam buku ini, Tan Malaka juga tak menyetujui terhadap segala bentuk kompromi dengan kaum kolonial Belanda. Kendati demikian, tak selamanya Tan Malaka menyetujui pergerakan radikal yang dilakukan tanpa persiapan dan perhitungan yang matang.

Aksi massa yang ditawarkan Tan Malaka bukan semata-mata untuk merebut kekuasaan dengan tindakan radikal (putch). Menurutnya putch adalah tindakan yang dilakukan oleh sekelompok kecil dari suatu masyarakat yang bergerak secara diam-diam (gerakan bawah tanah) yang tak berhubungan dengan rakyat banyak. Sebab tujuan dari putch itu sendiri jauh dari apa yang ingin dicapai oleh massa terlebih lagi rakyat banyak. Menurutnya, putch timbul akibat adanya pembentukan rancangan menurut kemauan dan kecakapan sendiri tanpa memerhatikan perasaan dan kesanggupan massa. Oleh karena tidak ada signifikasinya antara tindakan dengan tujuan, dengan demikian hal tersebut dapat mengakibatkan takkanterwujudnya cita-cita kemerdekaan yang ada justru akan dimusuhi oleh rakyat banyak.

Buku ini terdiri dari 12 bab yang menjelaskan pokok-pokok pemikiran Tan Malakamengenai aksi massa disertai lampiran mengenai rancangan dari aksi massa itu sendiri. Di awal-awal bab dalam buku ini, Tan Malaka menguraikan beberapa penjelasan mengenai revolusi, riwayat singkat tentang Indonesia, berbagai macam imperialisme, kapitalisme Indonesia, dsb. Sebagai pengantar awal untuk memahami hakikat aksi massa. Pada bab-bab selanjutnya, barulah inti serta cara dari aksi massa itu dijelaskan secara gamblang oleh Tan Malaka. 

Gagasan-gagasan tentang tindakan yang mesti dilakukan oleh massa rakyat Indonesia berhasil menjadikan Tan tumbuh menjadi seorang proletariat revolusioner. Aksi massamenjadi solusi terbaik bagi sebuah gerakan untuk mencapai tujuannya—kemerdekaan Indonesia. Di samping itu, penulis bermaksud menawarkan aksi massa dalam bukunya sebab revolusi lahir akibat adanya pergerakan-pergerakan massa sebagai manifestasi dari pemenuhan kehendak ekonomi dan politik mereka. 

Tan Malaka menutup bab dalam buku ini dengan menyatakan bahwa aksi massamerupakan harapan sekaligus solusi terbaik untuk menuntut hak dan kemerdekaan rakyat. Berharap suatu saat solusi ini dapat terwujud dan terlaksana dengan baik sebab melibatkan rakyat banyak. Di tangan seorang revolusioner, kemerdekaan dari segala penjajahan kolonial manapun akan segera terwujud. Dan itulah yang akan dikenang oleh sosok Tan Malaka. 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Magis Fajar Di Ufuk Timur

Milad CSSMoRA UIN Jakarta Ke-16