TIGA SAJAK HITAM PUTIH




1/
Seekor cicak sedang meronda
"keluarga harus dihidupi dengan nafkah"
Berjaga dari pagi yang sulit
Ia temui ibu nyamuk dengan berkas gelisah
"hendak kemana?"
"menjemput anak di angin malam,
Keasyikan main."
"hati-hati di jalan"
... 
Sebuah lidah memeluknya dari belakang
Terlantar anaknya kemudian
Angin malam kan menjaganya

2/
Keluarga Pak Rudi baru pindah
Beberapa waktu yang lalu. Anaknya
laki-laki, ikut bersekolah disini.

Teman-temannya berkomunikasi dengan
Bahasa sehari-hari. Di kantin, putra Rudi
Termenung sendiri
"ayah tak pernah memberitahu aku
Bagaimana bahasa almarhumah ibu ini bekerja."
"tapi ia sangat menyayangimu, nak."
Dering bel sekolah mengantarkan itu hingga depan pintu hatinya
Menunggu malam mengetuk, untuknya

3/
Saya ini anak berbakti, di malam hari
Mimpi-mimpi mengantri di depan bantal-guling saya.
"jangan lupa baca doa." ucap Ibu dahulu
Saya selalu mengingat dan mengamalkannya
Entah kenapa, pagi menemui saya dan saya selalu basah

Syee Nee, 25 Mei 2019

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Magis Fajar Di Ufuk Timur

Milad CSSMoRA UIN Jakarta Ke-16