YOGYAKARTA

YOGYAKARTA (kota yang akan merayakan ulang tahunmu)

Pasti itu aku, angin malam yang berkeliling dalam matamu.
Sebuah kursi dalam forum - - seminar
"langkah efektif budidaya teman" yang kau ikuti
tampak asing, kasihan,
melihat kembang api
yang dipesan mini, ukuran satu kepal hati
wanita yang terbelit jarak yang sangat banyak,
memeriahkan datangnya umur baru pada kerut
wajahmu <hatimu masih sama [?] >

Itu aku, bising-bising suara yang kini
terpleset di lengkung bibirmu, sehabis
mengunjungi ingatan, tempat memori memutar
ucapan ucapan selamat - - entah aku tak
mengenal seluruhnya-- tak apa

Apakah itu aku, satu bayang tegar membawa
kue ulang tahun, di hadapan pintu jarak, bersemayam di pikiranmu.
Apakah - - bahasa skeptis, senjata milikku untuk
membunuh jarak, serta tanda tanya yang sudah melampaui batas
Aku - - tinta serta kata yang menguap dari Dia-Dia yang di semogakan padamu
Ada - - 404 error (?) kembali muncul dalam mataku

Panjang umur ya, bahasa hidup
Dalam napasmu
-- sebuah doa diam diam mengalir, 
Untuk kamu, katanya

Ciputat, 2019

Puisi dalam kumpulan sajak " Di kedai Puisi, pelukan kita tak perlu gula" 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Magis Fajar Di Ufuk Timur

Milad CSSMoRA UIN Jakarta Ke-16