Kumpulan Karya : Reportase Forum Menulis 2018

Wilda

Di masa digital kini, persebaran kabar berita sangat cepat dan mudah. Sayangnya banyak yang sulit membedakan antara kabar fakta dan hoaks semata.
Untuk menghindari hari tersebut Denta CSSMoRA mengadakan forum kepenulisan dengan tema "menulis berita berdasarkan fakta" yang diadakan di Asrama Putra Kedokteran UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Bukan sembarang forum, pemateri dalam  acara tersebut merupakan dua orang ahli dalam bidang kepenulisan yang diundang dari LPM (Lembaga Pers Mahasiswa) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, yaitu Ubaidillah dan Nur Fadilah.
Acara yang dihadiri oleh anggota aktif  CSSMoRA tersebut bertujuan untuk meningkatkan minat kepenulisan serta melatih anggota CSSMoRA dalam menulis berita berdasarkan fakta yang ada. Dengan antusias peserta yang cukup tinggi acara tersebut berjalan dengan sangat baik dan meriah
"Karena disamain sekarang ini banyak sekali berita hoaks bersemarak, maka acara kepenulisan ini diadakan untuk menghindari trending hoaks, khususnya bagi anggota CSSMoRA UIN Jakarta"
Ujar Achmad Baharuddin, ketua pelaksana forum menulis.

Manadzhir Mahalli

"hal yang paling sulit dalam menulis adalah niat untuk menulis itu sendiri." Ungkapan berikut adalah statement yang diutarakan bang Ubay dari Lembaga Pers Mahasiswa Institut UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Bang Ubay ini merupakan  narasumber forum menulis yang diadakan oleh CSSMoRA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Acara forum menulis ini merupakan inisiasi dari BSO Denta CSSMoRA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang diselenggarakan pada tanggal 3 November 2018 di  mabna Sultan Hasanuddin Ma'had al-jami'ah.

Siti Khadijah Kartini

FORUM MENULIS gebrakan baru tumbuhkan jiwa kepenulisan cssmora uin jakarta

Minggu 03 nov 2018 denta cssmora uin jakarta mengadakan pelatihan kepenulisan atau forum menulis bagi seluruh warga cssmora , bertempat di asrama putra uin syahid,  acara ini di harapkan dapat menumbuhkan jiwa kepenulisan dan dapat melatih warga cssmora untuk menulis berita dengan baik. "Berita merupakan suatu yg faktual. " kata pemateri pertama forum menulis M. Ubaidillah yang merupakan Anggota dari Lembaga pers Indonesia. Bersama dengan rekannya nurfadhilla, Ubaidillah menyadurkan berbagai sudut pandang dalam pembuatan berita,pada kesempatan ini pemateri menyatakan bahwa berita hoax lebih banyak tersebar dalam berita yg disajikan dalam bentuk online, selain tips dan trik dalam membuat dan menyajikan berita,   dalam forum ini di bahas pula bagaimana berita itu dikatan hoax atu fakta.

Akbar M.K

Krisis kepenulisan saat ini semakin meluas. Begitu banyak berita yang elah dibumbuhi kebohongan atau bisasa disebut hoax. Untuk mengatasi hal tersebut denta CSSMoRA mengadakan acara forum menulis dengan tema " menulis berita berdasarkan fakta" acara ini diadakan di asrama putra FKIK UIN Jakarta pada tanggal 3 november 2018. Acara ini diketuai oleh sdr ahmad baharudin yang mengundang pemateri dari  LPM UIN Jakarta yaitu kak M. Ubaidillah dan Nurfadillah. Mereka membawakan materi mengenai bagaimana cara membuat berita yang baik dan benar agar anggota cssmora uinjkt dapat membuat berita yang benar tanpa unsur hoax. Acara ini dihadiri kurang lebih 20 peserta yang ikut aktif dalam diskusi materi tersebut. Acara ini juga dihadiri oleh ketua CSSMoRA UIN Jakarta periode 2018-2019 sdr Manadzir Mahalli. Beliau berpesan agar seluruh anggotanya dapat ikut serta dalam menyuarakan "hindari berita hoax"

Istiqlalia

"Forum Menulis, Tingkatkan Minat dan Bakat Anggota CSSMoRA dalam Menulis"


Ahad, 03/11/18 BSO DENTA CSSMoRA mengadakan acara yang cukup menarik, yakni forum menulis. Kegiatan ini diadakan di Asrama Putra Kedokteran.  Kegiatan ini diikuti oleh anggota CSSMoRA dari berbagai angkatan. Tema yang diangkat dalam acara kali ini cukup menarik yakni, "Menulis Berita Berdasarkan Fakta" yang cukup relevan di zaman yang serba canggih dengan berita yang cukup banyak di sosial media. Kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan jiwa menulis  anggota CSSMoRA sekaligus sebagai pembelajaran agar dapat membedakan antara fakta dan hoax.  Pemateri yang dihadirkan cukup kompeten dalam bidang ini yakni dari LPM (Lembaga Pers Mahasiswa)  membuat kegiatan berjalan sangat menarik dan interaktif.

Khairinnisa

Denta CSSMoRA UIN jakarta telah mengadakan forum menulis, forum menulis ini diadakan untuk menambah pengetahuan anggota CSSMoRA UIN Jakarta dalam tulis menulis.
Pada forum menulis kali ini bertemakan menulis berita berdasarkan HOAX. panitia acara ini mengundang pembicara dari LKM uin jakarta yaitu kak nur fadillah yang juga merupakan anggota CSSMoRA UIN jakarta, dan Kak Ubaidhillah anggota LKM UIN Jakarta.
Forum menulis ini sangat bermanfaat bagi peserta, karena dengan diadakan acara ini maka  peserta menjadi lebih paham bagaimana menulis berita dengan tepat dan berdasarkan fakta yang ada.
Semoga acara forum menulis ini dapat meningkatkan minat dan bakat anggota CSSMoRA UIN Jakarta dalam menulis.


Nabilla Afifah .A.

Karena maraknya berita hoax atau berita yang tersebar di masyarakat dan tidak berdasarkan fakta, hal tersebut menyebarkan penipuan publik dan menimbulkan kerugian bagi banyak pihak.

Maka dari itu organisasi CSSMoRA mengadakan sebuah forum menulis yang berada di asrama putra  Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. Pada hari Sabtu, 03 November 2018. Dengan pemateri yang handal dan sudah berpengalaman pada  bidangnya yaitu Muhammad Ubaidillah dan Nurfadhilah yang mana merupakan anggota LPM yaitu Lembaga Pers Mahasiswa dan dihadiri oleh anggota CSSMoRA.

Forum menulis diadakan untuk meningkatkan minat dan bakat anggota CSSMoRA tentang dunia kepenulisan yang dalam hal ini tentang menulis berita berdasarkan fakta.

Akromul ikhsan .B.

Denta CSSMoRA UIN Jakarta menyelenggarakan forum menulis bertemakan “Menulis Berita Berdasarkan Fakta”. Forum ini diikuti oleh anggota CSSMoRA UIN Jakarta pada hari Sabtu, 3 November 2018 dan bertempat di Asrama Putra FK-Fikes UIN Jakarta.
Menurut ketua departemen Denta CSSMoRA UIN Jakarta, Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan semangat Kepenulisan serta menambah kemampuan Kepenulisan bagi anggota CSSMoRA UIN Jakarta. Kegiatan ini dimulai dari pukul 09:00- 12:00 WIB dengan rangkaian acara yang dipandu oleh saudara Akbar selaku anggota CSSMoRA UIN Jakarta.
Dalam kegiatan ini, materi disampaikan oleh Kak Ubaidillah dan kak Nur Fadilah selaku anggota LPM institut UIN Jakarta. Dalam penyampaian materi pada forum menulis tersebut, pemateri mengatakan bahwa “menulis berita harus berdasarkan fakta, jika bukan fakta maka itu bukan berita” (kak ubaidillah)

Eva Safitri



Fikri Ahsanul Karim


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Magis Fajar Di Ufuk Timur

Milad CSSMoRA UIN Jakarta Ke-16