LAWAN STUNTING UNTUK INDONESIA EMAS 2045 YANG OPTIMAL



Indonesia emas 2045 adalah upaya menyiapkan para generasi penerus bangsa indonesia di tahun 2045 dimana indonesia akan mencapai umur yang ke-100 tahun kemerdekaannya dengan harapan Indonesia dapat menjadi figur percontohan global baik secara teknologi, ekonomi, dll. Karena itu SDM berkualitas haruslah dibentuk mulai saat ini dengan orientasi berkelanjutan sejak masa kehamilan, kelahiran, balita hingga dewasa.berbicara tentang pengoptimalan tumbuh kembang, haruslah kita mewaspadai akan bahaya stunting.
Stunting merupakan masalah kesehatan serius di indonesia saat ini. Berdasarkan data Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia 2018, 3 dari 10 anak Indonesia menderita stunting. Dengan persentase setinggi itu maka diproyeksikan dapat menyebabkan kerugian bagi indonesia secara jangka panjang (indonesia emas 2045) baik secara ekonomi (Rp300 triliun/tahun {analisis qureshy, 2018]) maupun kualitas SDM sendiri. Hal ini dikarenakan anak yang mengalami stunting akan terganggu perkembangan fisik dan kognitifnya sehingga akan berujung pada tidak berkualitasnya SDM bangsa dimasa mendatang khususnya pada tahun 2045.
Sebagai bentuk pencegahan penanganan stunting, maka harus dilakukan beberapa upaya :
1.     Penguatan kesehatan ibu dan anak pada 1000 hari pertama kehidupan terhitung sejak dalam kandungan. Fokus 1000 hari ini bertujuan supaya memberikan bekal kehidupan yang baik bagi sang bayi sehingga pertumbuhan ( perkembangan panjang badan, berat badan) bayi menjadi maksimal. Nantinya akan mendukung pada perkembangan fisik dan kognitif yang optimal.
2.     Pembenahan keamanan pangan indonesia dimana sebagian besar produksi makanan diindonesia tidak sesuai dengan cara produksi pangan yang baik (CPBB) sehingga menjadi penyebab akan terjadinya gizi buruk stunting.
3.     Revitalisasi posyandu yang merupakan pusat kegiatan kesehatan masyarakat utamanya dalam kebutuhan gizi ibu dan anak di tiap-tiap daerah.
Dengan pelaksanaan upaya penanggulangan stunting yang efektif mulai saat ini, maka akan membantu dapat proses menciptakan SDM berkualitas untuk hari esok, utamanya indonesia emas 2045 sehingga indonesia dapat bersaing secara global dan menjadi pusat peradaban dunia.

Daftar pustaka
Investor Daily, 24 januari 2018 diakses 05 februari 2018

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Magis Fajar Di Ufuk Timur

Milad CSSMoRA UIN Jakarta Ke-16