Ide adalah Perubahan




Jangan Miskin Gagasan

Setelah usai belajar di bangku sekolah seorang siswa akan menghadapi masa yang sulit untuk menghadapi masa depan. Hidup sebagai mahasiswa memang banyak pilihan yang akan dihadapi seseorang untuk menjadi mahasiswa, banyak hal yang ditawarkan mulai dari pilihan kampus dimana seorang mahasiswa akan belajar dan banyak peminatan studi yang dipilih. Kemudian dengan berbagai alur kehidupan sebagai mahasiswa pun dihadapi, banyak tantangan yang ada di depan dan tak semudah yang akan dihadapi, namun pola pikir juga pun tidak boleh sempit. Hal yang untuk saat ini adalah penting dan itu merupakan hal yang utama adalah sebuah gagasan/ide. Ide dari berbagai macam-macam kebervariasiaan apa yang telah ada dan ide tersebut merupakan sebuah hal yang baru itulah yang ditunggu dari seorang mahasiswa, dari berbagai sudut pemikiran yang ada dan dari sudut pemahaman yang ada.
Mahasiswa yang tidak miskin ide alias kreatif itulah mahasiswa dicari oleh siapapun dan di dunia selanjutnya. Tidak heran jika sebuah lahirnya teknologi yang canggih dan inovatif di jaman sekarang merupakan hasil dari ide/gagasan yang sederhana yang kemudian dikemas dan dikembangkan dengan kemampuan ilmu pengetahuan dan jadilah sebuah inovasi teknologi yang ada sekarang, tidak hanya fokus dalam teknologi namun dalam sisi pengelolaan atau penatalaksanaan sebuah tatanan masyarakat pun perlu sebuah ide-ide kreatif seorang mahasiswa atau lebih tepatnya sebagai generasi muda penerus bangsa Indonesia dan dari aspek-aspek kehidupan lainnya. Contoh kongkret dan kecil dari inovasi dari teknologi saat ini yang sangat beerguna bagi masyarakat saat ini terkhusus di daerah perkotaan yakni layanan GO-JEK, layanan ini seperti ojek pada umumnya namun dengan inovasi yang cukup sederhana yaitu dari awalnya seorang pelanggan itu akan mendatangi pangkalan ojek untuk mengojek kemudian hal itu dibalik dengan seorang pengojek akan mendatangi pelanggan dimana posisi pelanggan itu berada. Layanan ini didukung menggunakan aplikasi android disana kita bisa memesan layanan ojek tersebut kemudian memberitahukan posisi kita dimana dengan bantan GPS pengojek pun akan menjemput kita pada lokasi yang sudah kita beritahukan sebelumnya, kemudian untuk hasil narik ojek sistemnya menggunakan sistem bagi hasil antara penyedia layanan tersebut dan tukang ojek tersebut.  Dari contoh tersebut pun banyak hal positif yang ditimbulkan dari mulai terbukanya lapangan kerja baru, dan keuntungan lain dari masyarakat yang menggunakan jasa ini.
Dari hal tersebut seorang mahasiswa dituntut untuk tidak miskin ide, setiap ide itu akan muncul dari sebuah permasalahan yang dihadapi untuk dicari jalan keluarnya, dalam setiap disiplin ilmu pun akan terdapat permasalahan-permasalahan yang berbeda, dan setiap masalah itu pasti akan ada jalan keluarnya, dan jalan keluar itu akan muncul bila diselesaikan dengan perencanaan yang matang dari gagasan atau ide dari hasil diskusi bersama dengan teman-teman terdekat sesama perjuangan yang dihadapkan dalam masalah yang sama. Sebuah ide yang baik dan bagus pun akan menghasilkan suatu yang bermanfaat dan memberi keuntungan sendiri bagi orang yang menemukan ide tersebut.  Dari sebuah diskusi atau obrolan sederhana pun sebuah teknologi pun ditemukan. Maka jadilah mahasiswa-mahasiswa yang punya pembaharuan untuk bangsa ini untuk menuju bangsa yang lebih maju dan lebih baik.
Jadi, hidup itu adalah dinamis bukan statis, maksudnya sebuah pergerakan kehidupan ini akan terus bergerak dengan berbagai perubahan pada garis batas waktu yang ada, dan setiap perubahan waktu itu akan memerlukan sebuah pembaharuan dalam segi aspek apapun dalam kehidupan bersosial, oleh sebab itu, selama hidup ini dinilai dinamis maka ide dan kreatifitas pun tak akan pernah berhenti.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Magis Fajar Di Ufuk Timur

Milad CSSMoRA UIN Jakarta Ke-16