UIN Jakarta: Yang Baru di Mata Pendatang Baru

Organisasi CSSMoRA, memiliki bagian di UIN Syarif Hidayatullah  Jakarta. Sebagaimana dikenal publik, UIN Jakarta di daerah Ciputat ini banyak memiliki pengaruh pada dinamika dan arah bangsa, termasuk dalam unsur keagamaan. Berbagai pemikiran, dengan segala kecakapan intelektualitas yang dimiliki para pengajar juga mahasiswa, menjadikan Ciputat adalah “negeri” yang begitu hidup.
Menarik kita simak bahwa anggota PBSB banyak berasal dari para perantau daerah, membawa paradigma masing-masing menuju di UIN Jakarta. Bagaimana teman-teman angkatan 2015 menyikapi pengalaman berkuliah, setahun di UIN Jakarta? Berikut komentarnya.



UIN Jakarta merupakan salah satu universitas yang diperhitungkan kualitasnya. Kampus ini sendiri berani menyelipkan nama islam, sebagai sebuah nilai dan etika. Memang tujuan awal pendirian UIN Jakarta adalah fokus di bidang agama, namun dengan  adanya globalisasi yang menuntut kecakapan di ilmu pengetahuan yang lain juga. Maka dari itu, UIN mulai mendirikan fakultas yang tidak mengkaji nilai agama, contohnya Sains dan Teknologi, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan (FKIK).
Dalam perkuliahan, saya tahu bagaimana dalam materi perkuliahan kita sebagai umat Islam bisa mengombinasikan ilmu umum dengan ilmu agama. Contoh spesifiknya adalah PSPD (Program Studi Pendidikan Dokter), sebuah program studi yang bertujuan untuk mencetak seorang dokter muslim yang bisa mengabdi untuk masyarakat. Saya merasa meskipun UIN Jakarta adalah universitas dengan kajian agama, namun seiring zaman, UIN telah berkembang dan bersaing lewat bidang sains. Jadi, UIN juga tidak kalah dengan universitas ternama lainnya.
(Fitria Tahta Alvina, Pendidikan Dokter 2015, Surabaya)


 

UIN Jakarta kampusnya besar, kampus 1 dan 2 berpisah tempat. Kampus 2 menyendiri di pojokan. Dosen-dosen disini nampak agamis dan juga rasionalis. Mahasiswanya, seperti saya tahu di FKIK, karena saya baru tahu itu, cerdas dan beriman, sholatnya tidak ditinggal.
(Syarif Pujiantoro, Farmasi 2015, Brebes)

Mantab... tingkat dewaa... hehe. Semoga makin baik. Banyak hal yang saya pelajari, juga beberapa hal mulai saya mengerti di UIN Ciputat ini. Mugo barokah!
(John Faizal Noer, Ilmu Keperawatan 2015, Blitar)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Magis Fajar Di Ufuk Timur

Milad CSSMoRA UIN Jakarta Ke-16